Cara Berenang Gaya Bebas untuk Pemula

Cara Berenang Gaya Bebas untuk Pemula

Cara Berenang Gaya Bebas untuk Pemula – Saat ini sudah semakin banyak orang yang senang untuk berenang dan juga menghabiskan waktunya untuk melakukan berbagai jenis kegiatan. Dalam olahraga ini, terdapat bermacam-macang gaya berenang yang bisa dilakukan. Diantaranya gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, gayang punggung dan masih banyak lagi.
Beragam manfaat bisa kamu dapatkan dari olahraga yang satu ini. Seperti menurunkan berat badan, melenturkan tubuh, melancarkan pernafasan dan masih banyak lainnya.
Jika dilihat, berenang nampaknya mudah dilakukan. Namun nyatanya tak semua orang dapat berenang. Maka sebelum berenang sebaiknya kamu mempelajari terselebih dahulu teknik-tekniknya.
Salah satu gaya yang mudah dilakukan dan kerap digunakan oleh pemula yakni renang gaya bebas. Gaya bebas ini tidak sesulit gaya-gaya lain yang membutuhkan teknik yang rumit.

 

1. Posisi Tubuh dan Kepala
Saat melakukan renang gaya bebas, hal pertama yang perlu diperhatikan yakni posisi tubuh dan kepala.
Posisikan tubuh Anda dengan telungkup menghadap ke bawah. Badan dan kepala anda dalam posisi lurus dipermukaan air.
Usahakan tubuh Anda sejajar dengan permukaan air untuk menghindari risiko almasmports cidera.
Dalam gaya ini, hanya rambut dan puncak kepala yang berada di atas permukaan air.

 

2. Gerakan Tangan
Saat melakukan gaya bebas, posisikan tangan di depan Anda dengan lurus.

Lebarkan sedikit jari saat tangan menyentuh air dan ikuti aliran pada permukaan air dengan telapak tangan Anda. Lalu mulailah melatih ayunan tangan dalam renang gaya bebas.
Ayunan tangan dilakukan secara bergantian, jika salah satu tangan berada di depan maka tangan lainnya harus ada di belakang tubuh.
Saat melakukan gerakan tangan, iringi dengan gerakan kaki yang menendang ke atas dan dawah. Hal tersebut dilakukan agar dapat mendorong tubuh dan menambah kekuatan untuk melaju ke depan.

 

3. Gerakan Kaki
Dalam gaya bebas, tak hanyak tangan dan tubuh saja yang melakukan gerakan. Tetapi kaki juga ikut aktif membantu gerakan saat di air.
Gerakan kaki dalam renang gaya bebas dilakukan dengan menggerakann kaki dengan cara naik dan turun di air secara bergantian. Gerakan tersebut penting dilakukan untuk menambah kekuatan untuk kedepan.
Perlu diingat juga bahwa pusat dari gerakan ini terletak pada bagian pangkal paha bukan telapak kaki.
Lakukan dengan benar agar gerakan tersebut tak menguras stamina Anda.

 

4. Teknik Pernapasan
Pada renang gaya bebas, pengambilan napas dilakukan dengan menyerong ke kanan maupun ke kiri.
Caranya dengan mengangkat salah satu sisi wajah ke permukaan air. Lalu tarik napas secukupnya.Anda baru mengembuskan napas kembali saat wajah menghadap air.